sewa kapal komodo, sewa kapal labuan bajo, sewa kapal, open trip komodo, komodo liveaboard, trip komodo, komodo trip

Megamouth Shark – Foto milik Penny Bielich

KOMODO TRIP – Baru-baru ini ditemukan spesies hiu yang sangat langka di Perairan Taman Nasional Komodo. Hiu tersebut adalah ‘Megamouth Shark’ atau Hiu Bermulut Besar. Sesuai namanya, hiu ini memang mempunyai mulut yang sangat besar. Keberadaannya yang secara tiba-tiba di perairan dangkal Taman Nasional Komodo ini sedang menjadi bahan pembicaraan hangat.

Open Trip Komodo 3 Hari 2 Malam Berangkat setiap weekend, Live on Board dengan harga terjangkau? Klik Di sini!

Hewan ini ditemukan secara tidak terduga pada tanggal 25 Juli 2017 oleh 2 divers Penny Bielich dan Heikki Innanen di perairan dangkal GIli Lawa Laut, Taman Nasional Komodo. Perairan tersebut memang merupakan spot diving favorit dan banyak diselami oleh para divers dari berbagai belahan dunia.

“Megamouth at shotgun, Komodo. 5 meters in length. Only me and Penny Bielich in water. Photo and video credit goes to Penny.” Ucap Heikki yang dilansir dari Facebook Pribadinya.

Megamouth memiliki nama latin Megachasma Pelagios dan pertama kali ditemukan pada tahun 1976 di lepas pantai Hawaii. Ia memiliki bentuk tubuh silinder dan dari bagian badan menuju ekornya meruncing. Hewan ini merupakan hewan yang kurang aktif, pergerakannya sangat lambat karena ukuran badannya yang relatif besar. Megamout terbesar yang pernah ditangkap memiliki ukuran tubuh lebih dari 5 meter. Dan sejak ditemukan pertama kali, baru terdapat 63 kali kemunculan hiu tersebut yang disaksikan oleh manusia, dan hanya ada 4 rekaman videonya. Heikki menyebutkan bahwa ini adalah penemuan ke 64 dan rekaman video ke 5.

Cek video di bawah ini untuk penampakan hiu Megamouth ke 64 di Taman Nasional Komodo.